Surge Arrester Penangkal Petir Internal

Penangkal Petir Internal – Surge arrester merupakan sebuah instalasi penangkal petir atau anti petir yang berfungsi untuk meng-antisipasi induksi petir yang disebabkan oleh sambaran petir. Induksi arus petir dapat mempengaruhi bahkan merusak jaringan listrik, jaringan PABX, jaringan elektronik dan jaringan LAN atau internet. Dalam sebuah instalasi yang menggunakan kabel baik di dalam atau di luar bangunan tidak menutup kemungkinan menjadi jalan masuk untuk di lalui induksi arus petir.

Terdapat 3 (tiga) pengaman dalam penangkal petir internal :

  • Surge Arrester Jaringan Listrik
  • Surge Arrester Internet
  • Surge Arrester Elektronik

Arrester atau Surge Arrester berasal dari bahasa inggris yang dapat diartikan secara sederhana sebagai Penangkap Kejutan.

Penangkal Petir Internal adalah suatu alat yang di pasang pada suatu instalasi listrik yang berfungsi untuk melindungi berbagai peralatan listrik yang ada pada instalasi tersebut, saat terjadi lonjakan tegangan (Over voltage) yang melebihi batas toleransi yang diperbolehkan.

Penyebab Terjadinya Lonjakan Tegangan

Terjadinya lonjakan tegangan listrik pada suatu instalasi atau jaringan Listrik dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti sambaran petir tidak langsung, Over Voltage karena permasalahan pada pembangkit, terjadinya hubung singkat (Korsleting), maupun lonjakan tegangan listrik saat terjadi Switching (Penyalaan).

Lonjakan tegangan yang disebabkan beberapa faktor diatas akan menyebabkan Tegangan listrik yang mengalir pada suatu instalasi listrik menuju berbagai peralatan listrik nilainya melebihi tegangan normal, dan akibatnya dapat menyebabkan kerusakan pada peralatan listrik.

Pemasangan Surge Arrester

Penangkal Petir Internal harus dipasang pada sumber listrik utama sebelum dialirkan ke berbagai peralatan listrik agar seluruh peralatan listrik dapat di proteksi dengan baik.

Prinsip kerja Surge Arrester

Saat tegangan yang mengalir pada Instalasi listrik memiliki nilai tegangan normal, maka Penangkal Petir Internal belum bekerja.

Kemudian pada saat Tegangan yang mengalir tiba-tiba melonjak dan besar tegangannya melebihi toleransi tegangan normal, maka Penangkal Petir Internal akan bekerja secara otomatis mengalirkan tegangan lebih tersebut menuju pentanahan atau Bumi (Arde).

Terdapat berbagai jenis, model dan ukuran Surge Arrester yang dapat disesuaikan dengan fungsi, ukuran dan pemasangannya.

Oleh karena itu, kita sebaiknya melengkapi instalasi listrik kita dengan Penangkal Petir Internal, terutama untuk kita yang menggunakan berbagai peralatan elektronik yang sangat sensitif terhadap lonjakan tegangan, seperti Komputer, Alat ukur digital, Timbangan listrik digital, dan berbagai alat elektronik lainnya yang bernilai mahal dan sensitifitas tinggi terhadap lonjakan arus yang tidak diinginkan.

penangkal petir evo franklin