Penangkal Petir dan Material

penangkal petir, penyalur petir, anti petir

Teknologi Penangkal petir pada saat ini sangat beragam dari keragaman tempat produksi di belahan dunia hingga keragaman material yang digunakan sebagai bahan dasar penangkal petir. Semua produsen penangkal petir tentunya mempunya pertimbangan dan riset ketika memilih suatu material untuk produksi penangkal petirnya, hal yang paling mendasar adalah bahwa arus petir hanya bisa merambat pada benda logam, karena itu hamper seluruh produk penangkal petir yang ada pasti menggunakan logam ada juga yang menggunakan tambahan material non logam sebagai bahan pelengkap. Berikut ini beberapa material logam yang digunakan sebagai bahan utama pembuatan penangkal petir.
 TITANIUM
Titanium adalah sebuah unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki simbol Ti dan nomor atom 22. Dia merupakan logam transisi yang ringan, kuat, berkilau, tahan korosi (termasuk tahan terhadap air laut dan klorin dengan warna putih-metalik-keperakan. Titanium digunakan dalam alloy kuat dan ringan (terutama dengan besi dan aluminum) dan merupakan senyawa terbanyaknya, titanium dioksida, digunakan dalam pigmen putih. Titanium dihargai lebih mahal daripada emas karena sifat-sifat logamnya.

penangkal petir, anti petir
Keunggulan Titanium
– Salah satu karakteristik Titanium yang paling terkenal adalah dia sama kuat dengan baja tapi hanya 60% dari berat baja.
– Kekuatan lelah (fatigue strength) yang lebih tinggi daripada paduan aluminium.
– Tahan suhu tinggi. Ketika temperatur pemakaian melebihi 150 C maka dibutuhkan titanium karena aluminium akan kehilangan kekuatannya secara nyata.
– Tahan korosi. Ketahanan korosi titanium lebih tinggi daripada aluminium dan baja.
– Dengan rasio berat-kekuatan yang lebih rendah daripada aluminium, maka komponen-komponen yang terbuat dari titanium membutuhkan ruang yang lebih sedikit dibanding aluminium.

Tembaga ( Penangkal Petir )

Tembaga adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Cu dan nomor atom 29. Lambangnya berasal dari bahasa Latin Cuprum.Tembaga merupakan konduktor panas dan listrik yang baik. Selain itu unsur ini memiliki korosi yang cepat sekali. Tembaga murni sifatnya halus dan lunak, dengan permukaan berwarna jingga kemerahan. Tembaga dicampurkan dengan timah untuk membuat perunggu. Logam ini dan aloinya (campuran) telah digunakan selama empat hari. Di era Roma, tembaga umumnya ditambang di Siprus, yang juga asal dari nama logam ini (сyprium, logam Siprus), nantinya disingkat jadi сuprum). Ikatan dari logam ini biasanya dinamai dengan tembaga.
Stailess steel ( Penangkal petir )
Baja tahan karat atau lebih dikenal dengan stainless steel adalah senyawa besi yang mengandung setidaknya 10,5% Kromium untuk mencegah proses korosi (pengkaratan logam). Kemampuan tahan karat diperoleh dari terbentuknya lapisan film oksida Kromium, dimana lapisan oksida ini menghalangi proses oksidasi besi (Ferum).
Besi Sepuhan Tembaga ( Penangkal Petir )
Besi adalah logam yang berasal dari bijih besi (tambang) yang banyak digunakan untuk kehidupan manusia sehari-hari. Dalam tabel periodik, besi mempunyai simbol Fe dan nomor atom 26. Besi juga mempunyai nilai ekonomis yang tinggi.

Besi adalah logam yang paling banyak dan paling beragam penggunaannya. Hal itu karena beberapa hal, diantaranya:
– Pengolahannya relatif mudah dan murah
– Besi mempunyai sifat-sifat yang menguntungkan dan mudah dimodifikasi.

Salah satu kelemahan besi adalah mudah mengalami korosi. Korosi menimbulkan banyak kerugian karena mengurangi umur pakai berbagai barang atau bangunan yang menggunakan besi atau baja. Sebenarnya korosi dapat dicegah dengan mengubah besi menjadi baja tahan karat (stainless steel), akan tetapi proses ini terlalu mahal untuk kebanyakan penggunaan besi

Pilihlah produk penangkal petir yang baik untuk kebutuhan perencanaan instalasi penangkal petir yang akan diaplikasikan terhadap bangunan anda. dan pakailah jasa penangkal petir yang berkualitas dan juga dapat dipercaya. Mitra Elektrikal adalah jasa penangkal petir yang berada di kota Jakrta-Bandung dan surabaya.

pemasangan penangkal petir franklin

You might also likeclose