Macam-macam jenis kabel penangkal petir dipasaran



Sebagaimana sudah kita ketahui bersama, perangkat penangkal petir terdiri dari tiga elemen, yakni head, kabel penangkal petir / konduktor, serta grounding yang terletak di bawah tanah.

Demi menjadi perangkat dengan kemampuan optimal, ketiga elemen harus berfungsi dengan baik serta memiliki kualitas yang terbaik.

Diantara ketiganya, elemen kabel penangkal petir merupakan bagian yang harus diperhatikan secara ekstra.

Bodi nya yang memanjang dan menjulur dari bagian teratas bangunan hingga di dalam tanah harus selalu dipastikan dalam keadaan baik-baik saja.

Terjadi kerusakan pada kabel dapat menimbulkan konsleting dll.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, pemasangan kabel konduktor harus disesuaikan dengan medan yang dilewati.

Setiap jalur memiliki jenis kabelnya masing-masing.

oleh karenanya kali ini kita akan membahas macam-macam jenis kabel konduktor pada perangkat penangkal petir

kabel penangkal petir

Kabel BCC ukuran 55 cm untuk out door instalasi

Kabel Bare Cooper Conductor atau biasa juga disebut BCC merupakan jenis kabel yang cocok apabila dipasangkan di bagian luar area serta jauh dari jangkauan para pengguna gedung atau hunian.

Namun usahakan menggunakan BCC dengan ukuran 55 cm karena ukuran tersebut merupakan yang paling tepat digunakan,

Pemakaian kabel BCC juga tidak disarankan terlalu dekat dengan perangkat instalaasi listrik lainnya karena bisa memicu reaktif ketika keduanya sedang sama-sama aktif.

Lebih baik juga apabila penggunaan BCC dilapisi dengan conduite supaya lebih terjamin keamanannya.

Conduite ialah lapisan tabung kecil yang terbuat dari plastik keras yang berfungsi untuk melindungi kulit kabel dari tegangan.

Selain itu, ia juga bertugas mengontrol induksi pada kabel yang biasa terjadi karena disebabkan oleh cuaca.  Pengamanan ini termasuk juga dari berbagai kerusakan.

Conduite mirip sekali dengan bentuk sedotan dengan beragam ukuran, menyesuaikan kepada masing-masing ukuran kabel. Bahannya yang keras cukup sulit untuk dikupas bahkan dengan benda tajam sekalipun.

Saat ini banyak orang selalu menggunakan conduite ketika memasang kabel. Selain faktor pelindung kabel itu sendiri, banyak kasus pencurian tembaga dalam kabel yang tidak bertanggung jawab.

Kabel NYY untuk in-door instalasi

Apabila Anda berencana memasang kabel penangkal petir di dalam ruangan, jenis kabel NYY dengan ukuran minimall 55 cm bisa menjadi pilihan.

Namun jangan lupa untuk menjauhkan kabel ini dari berbagai perangkat instalasi lain seperti listrik atau jaringan internet. Jika berdekatan ditakutkan muncul reaksi ketika terjadi konsleting.

Alasan mengapa jenis ini dipilih karena ia mempunyai kapasitas induksi yang bagus serta cocok apabila berada dalam kondisi lembab terus menerus.

Selain itu, kabel NYY ini juga dilengkapi dengan dua lapis tembaga pelindung yang cukup untuk memastikan keamanan aliran listrik didalamnya.

Kabel HVSC untuk indoor high instalasi

Jika ketiga kabel diatas diharuskan untuk menghindari kedekatan kontak dengan jenis instalasi lain,

maka jenis kabel ini akan menjadi solusi apabila tidak ada jalan keluar untuk menghindarinya.

Penampakan kabel  High Voltage Single Core atau  HVSC cukup meyakinkan. Ia memiliki ketebalan 2 x 35 mm.

Selain itu, HVSC memang didesain khusus untuk menahan tegangan yang terstimulus dari luar.

ia banyak dijumpai dalam ruang instalasi perkantoran maupun bangunan-bangunan besar yang membutuhkan banyak instrumen listrik.

Demikian penjelasan mengenai beberapa macam jenis kabel penangkal petir yang harus Anda ketahui sebelum memasang perangkat penangkal petir secara keseluruhan.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post