Grounding Penangkal Petir dan Listrik



penangkal petir Bandung

Mengenal fungsi-fungsi grounding

Bagi yang sudah berpengalaman dalam bidang elektromagnetik, tentu sudah sangat tidak asing mendengar istilah grounding Penangkal petir. Alat satu ini memang cukup populer dalam fungsinya sebagai bagian pengelola energi positif dalam tanah. Selanjutnya energi tersebut digunakan untuk menetralisir gelombang petir dan benda listrik lain.

Sebagaimana kita alami, penggunaan listrik kini sudah meluas, bahkan hampir di seluruh Indonesia. Kabar baik ini sekaligus menjadi pertanda bahwa di masa akan mendatang, grounding akan lebih dibutuhkan untuk mengamankan aliran listrik. Artikel ini dibuat untuk semakin memperjelas apa saja manfaat dari grounding.

Sampai saat ini kebanyakan orang masih menganggap grounding sebatas alat penangkal petir yang diletakkan di dalam tanah, padahal ungkapan ini tidak sepenuhnya benar.

Alat ini memiliki manfaat yang lebih banyak dari itu dan akan kita bahas secara mendetail di bawah ini. Jangan lupa untuk menyimak hingga selesai.

1. Penangkal petir

Manfaat pertama yang paling banyak dikenal ialah sebagai penangkal petir. Hingga saat ini, terknologi grounding belum juga tergantikan. Dalam fungsinya, grounding dibantu oleh dua peralatan lainnya yaitu head dan kabel konduktor. Satunya untuk menangkap energi petir dan konduktor berfungsi sebagai penyaghlur energi tersebut ke dalam tanah.

penangkal petir evo franklin

Grounding disini bekerja sebagai penghantar energi positif pada tanah sekaligus penetralisir muatan listrik petir. Supaya aman, grounding harus ditanam secara dalam di tanah dan mengambil jarak yang agak jauh dengan bangunan pusat. Dengan demikian, grounding memiliki area yang memadai untuk melakukan tugas.

Fungsi keselamatan

Masih dalam ranah kelistrikan, grounding juga bermanfaat sebagai sarana keselamatan apabila terjadi kesalahan arus listrik seperti konsleting, kebocoran pada kabel dan lain sejenisnya.

Grounding bermanfaat untuk mengantarkan arus listrik tersebut langsung ke dalam tanah dan menon-aktifkannya di dasar bumi,

Konsleting listrik sebenarnya adalah fenomena yang umum terjadi, terutama pada bangunan yang membutuhkan muatan listrik besar seperti gedung-gedung perkantoran. Selain itu, ancaman ini juga sering disebabkan oleh kerusakan kabel penghantar karena sudah usang, lapuk, ataupun dimakan hewan pemakan segala.   

Pemasangan grounding ini sangat penting sebagai langkah antisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan termasuk resiko terburuk yakni kebakaran.

Melindungi barang-barang elektronik

Bagaimana cara mengamankan perangkat elektronik yang memiliki resiko terkena konsleting listrik?

Caranya ialah dengan membuat kabel sambungan yang mengantarkan perangkat-perangkat tersebut kepada grounding yang berada di bawah tanah.

Kabel pengantar ini fungsinya sama dengan konduktor pada penangkal petir yaitu untuk menyalurkan energi positif dalam tanah dan menyerap energi negatif apabila terjadi konsleting.

Dengan demikian! perangkat menjadi lebih terlindungi dari kerusakan dan terutama menghindari adanya korban jiwa yang diakibatkan oleh ledakan atau percikan kebocoran.  

Grounding juga memiliki satuan parameter nya sendiri yang disebut Ohm dan bertindak sebagai resistance. Kualitas suatu grounding ditentukan oleh nilai Ohm ini. Semakin kecil angkanya menandakan bahwa kualitas grounding semakin baik. Standart penggunaan grounding juga berbeda sesuai pemanfaatannya.

Untuk dipasang sebagai pengaman rumah, umumnya yang digunakan ialah grounding dengan kandungan 5 Ohm. Apabila dipasang pada perangkat penangkal listrik, kapasitas yang dibutuhkan 2 Ohm. Penggunaan kualitas yang sesuai kebutuhan akan memberikan dampak yang maksimal.

Demikian ulasan mengenai 3 fungsi grounding yang perlu Anda ketahui ketika berkeinginan untuk memasangnya.

Dalam hal ini! Grounding sangat disarankan di bangunan dataran tinggi karena beresiko tinggi tersambar petir seperti perumahan padat.

Dan bangunan pencakar langit serta gedung-gedung elektro yang beresiko tinggi. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post