3 Perawatan Penangkal Petir Harus Anda Ketahui, yang Terakhir sangat Mudah!

Sebelum kita membahas Perawatan Penangkal petir alangkah baiknya kita mengetahui tentang penangkal petir dahulu. Penangkal petir adalah suatu system instalasi yang terdiri dari sejumlah rangkaian, yang pertama adalah Unit terminal yang berfungsi sebagai penerima sambaran, yang kedua adalah konduktor yang berfungsi sebagai penyalur arus petir, dan yang terakhir adalah grounding atau pembumian yang berfungsi untuk menetralkan arus sambaran kedalam tanah.

Petir adalah suatu proses pelepasan muatan listrik dari awan bermuatan ion, perbedaan muatan ion yang sangat besar antara awan dengan lingkungan sekitarnya (udara, bumi, dan awan lainnya) menyebabkan terjadinya pelepasan muatan positif maupun muatan negatif yang terdapat didalam awan. Pada saat pelepasan muatan menuju suatu objek, ini yang dimaksud dengan sambaran petir.

Sebelum terjadi sambaran petir, terdapat beberapa proses yang mendahuluinya. Proses ini disebut juga dengan inisiasi petir, yaitu peristiwa awal sebelum terjadinya sambaran petir. Sebagian besar peneliti telah setuju bahwa sambaran petir diawali oleh serangkaian pulsa bipolar medan listrik (E-field) yang dikenal dengan beberapa nama yaitu Pulsa Initial Breakdown (IB), Pulsa Preliminary Breakdown (PB) dan pulsa karakteristik.

Akan tetapi pada studi yang dilakukan oleh Marshall dan Chapman menemukan bahwa kilatan petir tidak dimulai dengan proses IB melainkan sebelum pulsa IB ada proses lain yang terjadi yaitu dikenal sebagai Initial Electric Field Change (IEC).

Keuntungan dari penangkal petir dengan system elektrostatik :

  • Non radioaktif
  • Mampu menerima sambaran petir hingga 150 kA
  • Tidak menggunakan radio elemen, baterey atau solar sel
  • Mengantisipasi secara dini sambaran petir dengan aktif
  • Memberikan efek radius proteksi yang cukup luas.

3 Perawatan penangkal Petir yang perlu anda ketahui adalah?

  1. Head Terminal ( Kepala Terminal ) Head terminal penangkal petir pada saat ini di design dengan dengan sangat ekonomise dengan zero maintannace, hingga anda tidak perlu melakuakn apapun untuk merawat unit terminal ini.

penangkal petir evo franklin

 

 

 

2. Konduktor

konduktor adalah kabel penghantar yang berfungsi untuk menyalurkan arus petir yang masuk, perawatan konduktor terbilang lama karena hanya perlu dilakukan 5 tahun sekali dalam tiap periodenya. dan konduktor sangat banyak jenisnya yang beredar di pasaran.

 

 

 

3. Grounding

Tempat pembumian (grounding) berfungsi mengalirkan muatan listrik dari kabel konduktor ke batang pembumian (ground rod) yang tertanam di tanah. Batang pembumian terbuat dari bahan tembaga berlapis baja, dengan diameter 1,5 cm dan panjang sekitar 1,8 – 3 m. Perwatan Grounding sangat mudah hanya dengan menambah batangan tembaga untuk di Pararel.

 

 

grounding

 

 

 

 

 

 

 

Demikian lah Perawatan penangkal petir yang perlu anda ketahui.