Penangkal Petir Dari Masa Ke Masa

Penangkal Petir adalah sebuah alat yang digunakan sebagai penyalur bahaya arus sambaran petir. Petir Yang menyambar ke bumi memiliki kekuatan arus sambaran sampai berjuta-juta volt, bisa dibayangkan kalau itu menyambar gedung atau properti bahkan penghuni gedung tersebut. Penangkal Petir sendiri pertama kali dikenalkan Benjamin Franklin. Ilmuwan dan Diplomat jenius inilah yang pertama kali menemukan sistem penangkal petir (Penemu penangkal petir pertama kali). Kini jaman semakin modern, begitu juga dengan cara berfikir mereka. Sampai saat ini penangkal petir atau penyalur petir ini terus di kembangkan agar dapat menyalurkan petir tanpa adanya induksi arus petir. Berikut adalah perkembangan penangkal petir dari masa ke masa:

  1. Franklin Rod

Alat ini berupa kerucut tembaga dengan daerah perlindungan berupa kerucut imajiner dengan sudut puncak 112O . Agar daerah perlindungan besar, Franklin rod dipasang pada pipa besi (dengan tinggi 1-3 meter). Makin jauh dari Franklin rod makin lemah perlindungan di dalam daerah perlindungan tersebut. Dalam pemasangannya penangkal petir Franklin Rod sering di sebut dengan penangkal petir konvensional. Penangkal petir Franklin rod dapat dilihat berupa tiang-tiang di bubungan atap bangunan.

  1. Faraday Cage

Untuk mengatasi kelemahan penangkal petir Franklin Rod karena adanya daerah yang tidak terlindungi dan daerah perlindungan melemah bila jarak makin jauh dari penangkal petir Franklin Rod-nya maka dibuat system Faraday Cage (sangkar faraday).Penangkal petir Faraday Cage mempunyai sistem dan sifat seperti Franklin Rod, tapi pemasangannya di seluruh permukaan atap dengan tinggi tiang yang lebih rendah.

  1. Radioaktifradiasi penangkal petir

Meskipun merupakan sistem penyalur petir terbaik, namun sudah dilarang penggunaannya karena radiasi yang dipancarkannya dapat mengganggu kesehatan manusia. Selain itu sistem ini akan berkurang radius pengamanannya bersama waktu sesuai dengan sifat radioaktif. Radiasi yang dipancarkan unsur radioaktif berbahaya bagi tubuh, yaitu mengganggu fungsi normal tubuh. Bahaya radiasi terhadap tubuh ini tergantung beberapa faktor, antara lain sebagai berikut.

  • Jenis radiasi. Radiasi gamma merupakan radiasi eksternal yang paling berbahaya. Adapun radiasi internal yang paling berbahaya berasal dari radiasi alfa.
  • Lama penyinaran.
  • Jarak sumber radiasi dengan tubuh.
  • Keberadaan penghalang antara sumber radiasi dengan tubuh.
  1. Ionization Coronapenangkal petir, penyalur petir, anti petir, penangkal petir bandung, penangkal petir surabaya

Sistem ini bersifat menarik petir untuk menyambar ke kepalanya dengan cara memancarkan ion-ion ke udara. Kerapatan ion makin besar bila jarak ke kepalanya semakin dekat. Pemancaran ion dapat menggunakan generator listrik atau batere cadangan (generated ionization) atau secara alamiah (natural ionization). Penangkal petir ionisasi yang sekarang lebih di kenal dengan penangkal petir elektrostatis ini mempunyai sistem area perlindungan yang berbasis radius dengan radius mencapai sekitar 150 meter. Sistem ini dapat dikenali dari bentuknya yang mempunyai sirip yang fungsinya sebagai pemancar ion dan biasanya dipasang pada tiang tinggi.

Petir yang ditarik untuk mengenai head terminal ini kemudian disalurkan ke dalam tanah. Macam-macam konduktor yang dapat digunakan untuk mengalirkan energi petir ke tanah serta karakteristik utamanya adalah steel frame (rawan terhadap putus/gagal sambungan yang menyebabkan loncatan petir dan adanya arus induksi di sekeliling arus petir), bare copper (ada arus induksi di sekeliling arus petir), dan nyy & coaxial cable (arus induksi disekap di dalam cable).

Penambahan Proteksi Penangkal Petir

penangkal petir, anti petir, penyalur petirDalam proteksi sambaran petir untuk lebih amannya ditambahkan dengan internal protection : surge protection. Sebetulnya penangkal petir eksternal khususnya tipe elektrostatis (radius), mampu meredam terjadinya induksi arus petir, tetapi dengan syarat instalasi penangkal petir yang bagus. Dengan instalasi yang bagus penangkal petir eleketrostatis dapat memaksimalkan kinerja sebagaimana fungsinya. Bagaimana bila instalasi penangkal petir kurang bagus? Ada beberapa dampak bila instalasi penangkal petir ini kurang bagus, yaitu:

  • Pemancaran ion akan terlambat (lebih lama dari kinerja sesungguhnya)
  • Penangkapan arus petir yang kurang baik atau sedikit berbelok (akan terjadi induksi, meskipun itu tidak besar)
  • Proteksi radius yang berkurang (lemah)
  • Penghantaran ke pembumian (grounding system) kurang bagus
  • Cepat rusaknya sistem penangkal petir (non aktif)

Dari beberapa dampak instalasi penangkal petir diatas rasanya kita tahu bahwa instalasi yang kurang baik itu lebih memberikan kerugian,khususnya secara financial.

Grounding Syatem (Pembumian)

Sedangkan untuk grounding system (pembumian) ukuran resistansi harus dibawah 5 ohm agar dapat meredam arus petir secara baik. Ukuruan pembumian atau resistansi ground semakin kecil nilai ohm maka semakin baik dalam peredaman arus. Kabel yang di gunakan adalah kabel BC (Bare Copper) minimal 50mm, Copper Rod (Batang Tembaga) minimal panjang 2m, dan bentonite, agar dapat memberi mineral tambahan pada tanah dan bisa mendapatkan nilai resistansi ground yang bagus (kecil).

 

 

You might also likeclose