PENANGKAL PETIR TOWER

penangkal petir, penangkal petir bandung, penangkal petir surabaya

PENANGKAL PETIR TOWER

Instalasi penangkal petir yang banyak di aplikasikan untuk tower pada saat ini banyak menggunakan sistem konventional. Setiap bangunan tinggi alangkah baiknya memasang penangkal petir atau penyalur petir selain mengindahkan UU K3 sebetulnya adalah untuk menjaga keselamatan diri dan lingkungan sekitar supaya terhindar dari dampak bahaya sambaran petir.

Instalasi anti petir yang baik untuk bangunan atau tower adalah mengacu pada dasar perhitungan segitiga trigonometri, menilai ketinggian tiang dan kemiringan 45⁰ jika kita akan memasang penangkal petir konventional baik sangkar paraday atau franklin sistem.
1. Penangkal Petir Sangkar Faraday
Sangkar Faraday atau tameng Faraday adalah sebuah ruang tertutup yang terbuat dari bahan-bahan penghantar listrik. Ruangan itu mampu merintangi medan listrik statik eksternal.Medan listrik statik eksternal akan menyebabkan muatan listrik di dalam bahan yang konduktif untuk menyalurkan kembali diri mereka sendiri. Hal ini kemudian membatalkan efek medan listrik statik di bagian dalam sangkar. Efek ini bisa digunakan untuk melindungi peralatan elektronik dari sambaran petir dan lucutan/pengosongan (Bahasa Inggris: discharge) elektrostatik yang lain. Pada tingkatan yang lebih luas, sangkar Faraday juga melindungi bagian interior dari radiasi elektromagnetik jika konduktor tidak cukup tebal dan lubang apapun jauh lebih kecil dari panjang gelombangnya radiasi. Sebagai contoh, prosedur tes komputer forensik komponen maupun sistem elektronik yang membutuhkan lingkungan tanpa gangguan elektromagnetik dapat dilakukan di dalam sebuah ruang cadar (Bahasa Inggris: screen room). Pada dasarnya ruang cadar adalah labolatorium atau wilayah kerja yang benar-benar tertutup oleh satu atau lebih dari satu lapisan jaringan logam halus atau pelat logam terperforasi. Lapisan logam dihubungkan ke permukaan bumi untuk menghilangkan arus listrik yang timbul dari medan elektromagnetik eksternal, dan dengan begitu merintangi gangguan elektromagnetik dalam jumlah besar. Aplikasi sangkar Faraday ini dijelaskan dalam penamengan elektromagnetik.
2. Penyalur Petir Franklin Sistem
Instalasi Penangkal petir konventional franklin sistem mengacu pada titik center dan titik tertinggi pada suatu bangunan. Pada tahun 1750, dalam upayanya membuktikan bahwa petir adalah listrik, Franklin mulai berfikir untuk melindungi manusia, gedung dan struktur lain dari bahaya sambaran petir. Ia kemudian menciptakan alat dari batangan besi dengan panjang 8 atau 10 kaki yang ujungnya dibuat runcing. Ia berpendapat bahwa besi berujung runcing tersebut akan menarik listrik dan dengan dihubungkan ke tanah (bumi) akan mengosongkan listrik statis yang berasal dari awan. Pendapat ahli lain menyebutkan bahwa besi berujung bundar akan lebih efektif. Pendapat ini mendapat dukungan dari Raja George ke III. Alat penangkal petir temuan Franklin yang terkenal dengan nama Franlin rod kemudian banyak digunakan oleh rumah-rumah dan jenis bangunan lainnya. Rangkaian penangkal petir terbesar yang mengadopsi teori Franklin ini terlihat di kubah State House di Maryland. Penggunaannya didedikasikan untuk mengenang Benjamin Franklin sang penemu.
3. Penangkal Petir Elektrostatis
Penangkal Petir Elektrostatis adalah penangkal petir berteknologi modern dan canggih. Penangkal Petir Elektrostatis Evo Franklin Lightning Protection memakai teknologi ESE (Early Streamer Emission). Kita ketahui bahwa ESE merupakan teknologi yang merupakan system Penyalur petir yang dibangun oleh komponen sensor impuls elektrik, pengumpul energy listrik, batang penangkal petir, terminal pembangkit ion, dan pembangkat ion elektronik. Elektrostatis merupakan system penyalur petir dengan cara penembak ion yang menembakkan dalam jumlah yang besar ion-ion ke angkasa pada saat deteksi petir akan menyambar. Melepaskan sejumlah ion ke angkasa akan secara otomatis membangkitkan lintasan petir yang di kenal dengan sebutan “Upward Leader” yang lebih awal tersambar petir dibanding dengan titik dengan tinggi yang sama dekatnya, dan juga mengurangi waktu eksitasi dari efek Corona.

penangkal petir dan anti petir terbaik di duia

You might also likeclose