Mengapa Industri Eksplosif Perlu Penangkal Petir ?

Mengapa Industri Eksplosif Perlu Penangkal Petir ?Penangkal Petir tidak hanya digunakan untuk industri manufaktur atau jasa saja, industri eksplosif perlu penangkal petir juga. Semua ini tidak terlepas dari bahaya sambaran petir, yang kita tidak tahu kapan datangnya. Tidak terbayangkan jika industri eksplosif meledak, ini merupakan kerugian yang sangat besar bagi industri tersebut. Belum lagi dampak bagi lingkungan sekitarnya, kalo jauh dari pemukiman penduduk tidak jadi masalah, kalo dekat ini yang sangat berbahaya. Walaupun faktor alam sangat besar peranannya dalam kejadian ini, tapi sebagai manusia yang memiliki teknologi yang mumpuni baiknya berusaha seminim mungkin untuk menghindarinya. Tetang industri eksplosif ialah suatu industri yang di dalamnya memproduksi, menyimpan atau menggunakan zat atau bahan yang dapat meledak, dan efek ledakannya sangat besar dan berbahaya. Mengetahui akan bahaya yang sangat besar maka industri eksplosif perlu penangkal petir, sebagai pengaman terkhusus percikan api dari sambaran petir.

penangkal petirRuntutan kejadian memang pernah terjadi akibat efek negatif sambaran petir, seperti pada tahun 1995, 7 buah tangki BBM Pertamina UP IV Cilacap ludes terbakar, hal ini terjadi diawali dengan meledaknya sebuah tangki kerosene karena sambaran petir, kemudian menyambar dan membakar 6 tangki yang lain. Penyebabnya tak lain adalah adanya “Faraday Hole” didalam tangki kerosene yang eksplosif. Kejadi berikutnya tak kalah memprihatinkan yaitu terjadi pada 17 Mei 2009 pukul 19.30, hujan deras disertai angin dan petir di daerah Merbau dan sekitarnya, dan akhirnya petir menyambar pipa pilling dan dengan seketika crater menyala dan terbakar dahsyat. Penyebab utama adalah tidak adanya sistem penangkal petir eksternal yang dapat mencegah terjadinya percikan listrik di daerah yang mudah terbakar. Hal ini telah mengajarkan dan sebagai contoh kepada kita bahwa industri eksplosif perlu penangkal petir.

Untuk industri eksplosif perlu penangkal petir dan juga dalam hal pemasangannya memang harus secermat mungkin, karena satu kesalahan kecil saja sangat fatal dari akibat yang ditimbulkan. Untuk industri eksplosif perlu penangkal petir dengan spesifikasi yang lebih baik dibanding industri lain pada umumnya. Hal ini sebagai upaya pengamanan sebaik dan terperinci, baik untuk manusia, mesin dan lingkungan sekitar. Untuk sistem penghantar merupakan faktor yang perlu diperhatikan juga. Seperti hantaran penurunan dan grounding perlu dipasang sedemikian rupa sehingga tidak terjadi tegangan sentuh dan tegangan langkah yang berbahaya, juga dengan lingkungan yang mudah terbakar. Dan yang paling penting untuk keseluruhan sistem penghantar tidak boleh terjadi percikan listrik pada area – area yang berbahaya dan mudah terbakar. Untuk pengkondisian dan penempatan finial air termination (air terminal) perlu direncanakan untuk pemenuhan kebutuhan radius perlindungan area tersebut, jangan sampai tangki penuh minyak tidak berada pada daerah radius perlindungan yang ada.

penangkal petirPemasangan penangkal petir pada industri eksplosif sebenarnya telah diatur dalam suatu refrensi (peraturan terkait). Peraturan yang mendukung upaya tersebut tertuang pada PER02/MEN/1989 tentang Peraturan Pengawasan Instalasi Penyalur Petir. Dijelaskan di dalamnya pada pasal 9 secara terperinci bahwa industri eksplosif perlu penangkal petir, disamping tempat dan industri lainnya. Dengan telah diterbitkanya peraturan tersebut merupakan peringatan dan pedoman bagi perusahaan yang memiliki unsur eksplosif di dalamnya untuk senantiasa menjaga situasi dan kondisi agar tetap aman dari sambaran petir yang berbahaya.

Penangkal Petir Evo Franklin

Adapun penangkal petir Evo Franklin yang secara kualitas dan spesifikasi memenuhi persyaratan dalam pemasangan instalsi penyalur petir. Penangkal petir Evo Franklin telah di rancang sebagaimana iklin di indonesia, dengan menggunakan teknologi ESE atau teknologi yang mampu menangkap sambaran petir dan menetralkan ion negatif yang terdapat arus sambaran petir untuk di salurkan dan di redam ke pembumian. “cara kerja penangkal petir evo franklin”

You might also likeclose