Kejadian Tersambar Petir

penangkal petir, penyalur petir, anti petir

Michael McQuilken tidak akan pernah melupakan hari petir menyambar adiknya.
Pada tanggal 20 Agustus 1975, ia dan Sean mendaki ke puncak Moro Batu bersama-sama dengan kakak mereka Mary dan temannya Margie. Kubah granit ini berada di Taman Nasional Sequoia California. Seperti awan gelap berkumpul di atas kepala, hujan ringan mulai turun. Hiker lain melihat rambut panjang Maria berdiri di akhir.
Michael bentak gambar adiknya. Tertawa, Maria mengatakan kepadanya bahwa rambutnya, juga, berdiri di akhir. Jadi adalah Sean. Michael melewati kamera untuk Mary, yang mengambil foto dari saudara-saudaranya tersenyum. Kemudian suhu turun, membawa hujan es, Michael mengingatkan. Jadi tim mereka menuju ke bawah. Mereka tidak menyadari bahwa mereka berada dalam bahaya. Bahaya.

Dalam beberapa menit, petir akan melukai Sean – dan membunuh pejalan kaki lain di dekatnya.
Disambar petir sangat tidak mungkin tapi sangat berbahaya. Petir memanaskan udara untuk hampir 28.000 ° Celcius (50.000 ° Fahrenheit). Itu cukup energik untuk memecahkan molekul di udara menjadi atom individual.
Tidak heran petir bisa berakibat fatal.
Di seluruh dunia, petir terjadi sekitar 100 kali setiap detik setiap hari. Sebagian besar serangan mereka tidak menyentuh siapa pun. Tapi petir tidak melukai sekitar 240.000 orang dan membunuh 24.000 setiap tahun, menurut sebuah studi tahun 2003. Pada tahun 2012, 28 orang meninggal dari petir di Amerika Serikat. Secara keseluruhan, itu berarti bahwa rata-rata, sambaran petir sekitar satu dari setiap 700.000 orang di sana setiap tahun.
Meskipun berbahaya, petir juga merupakan salah satu alam menampilkan paling mempesona. Selama berabad-abad, para ilmuwan telah mencoba untuk memahami apa yang memicu petir. Lebih penting lagi, mereka ingin tahu di mana – atau yang – petir cenderung memukul. Para peneliti telah mencari benang umum dalam cerita-cerita dari korban petir itu. Mereka telah dilacak berkedip menggunakan sensor di tanah dan di ruang angkasa, termasuk satu di Stasiun Luar Angkasa Internasional. Dan mereka telah menciptakan petir di laboratorium.
Namun, para ilmuwan masih berjuang untuk memahami persis bagaimana percikan mulai dan bagaimana untuk memprediksi mana mungkin berhubungan dengan tanah. Beberapa peneliti bahkan tersangka petir dapat digunakan sebagai alat untuk lebih memahami iklim global – jika mereka hanya tahu bagaimana menggunakannya.
Pemanasan
Ribuan tahun yang lalu, orang-orang yang terkait percikan petir dengan dewa marah. Dalam mitologi Norse kuno, palu-menghunus dewa Thor melemparkan petir pada musuh-musuhnya. Dalam mitos Yunani kuno, Zeus melemparkan petir dari puncak Gunung Olympus. The Hindu awal percaya petir dikendalikan Dewa Indra.
Namun seiring waktu, orang mulai mengasosiasikan petir kurang dengan kekuatan supranatural dan lebih dengan alam.
Para ilmuwan sekarang tahu bahwa terlihat, baut cerah dan menderu guntur hanya sebagian kecil dari urutan jauh lebih besar dari peristiwa alam yang terbentang di awan. Ini dimulai ketika panas dari matahari menghangatkan permukaan bumi. Uap air menguap dari danau, laut dan tanaman. Bahwa udara lembab hangat lebih ringan dari udara kering dingin, sehingga naik membentuk awan cumulonimbus raksasa. Awan ini sering melahirkan badai.
“Petir seperti pembersih vakum besar yang menyedot uap air,” kata Colin Price. Dia seorang ilmuwan atmosfer di Tel Aviv University di Israel. “Beberapa akan dibuang keluar atas badai,” katanya dari uap air. Tapi sebagian besar di bagian atas atmosfer berasal dari permukaan Bumi.
Para ilmuwan menduga bahwa turbulensi dalam awan – angin vertikal yang kuat – menyebabkan tetesan air, salju, hujan es dan es partikel awan untuk menghancurkan satu sama lain. Tabrakan ini dapat membongkar partikel yang disebut elektron dari tetesan air dan es karena mereka naik ke atas awan. Elektron bertanggung jawab untuk listrik. Ketika sebuah benda bermuatan kehilangan elektron, dibiarkan dengan muatan positif secara keseluruhan. Dan ketika keuntungan elektron, itu keuntungan muatan negatif.
Tetesan air, es dan hujan es datang dalam berbagai ukuran. Yang besar tenggelam ke dasar awan. Kristal es kecil naik ke atas. Mereka kristal es kecil di bagian atas cenderung menjadi bermuatan positif. Pada saat yang sama, hujan es dan air tetesan besar di bagian bawah awan cenderung menjadi bermuatan negatif. Dengan demikian, Harga mengibaratkan awan badai untuk berdiri baterai pada akhir.
Tuduhan dalam awan dapat menyebabkan perubahan di tanah. Ketika bagian bawah awan menjadi bermuatan negatif, benda-benda di udara dan di tanah di bawah menjadi bermuatan positif.
Pada hari itu kembali pada tahun 1975, muatan positif naik melalui rambut pejalan kaki ‘, berdiri pada akhir. (. Untuk melihat aman sesuatu yang mirip dengan ini secara langsung, menggosok kepala Anda dengan balon untuk mentransfer elektron dari rambut Anda untuk balon Kemudian angkat balon.) Pengalaman rambut penggalangan The pejalan kaki ‘mungkin tampak lucu – tetapi juga adalah peringatan tanda bahwa kondisi yang tepat untuk sambaran petir.
Ka-boom!
5-5-Tornadoes-formingSaat mereka turun dari Moro Rock, pejalan kaki melihat kemarahan dekat petir itu. Terlalu dekat.
“Seluruh Visi saya hanyalah cahaya putih terang,” kata McQuilken pemogokan. “Margie, yang sekitar 10 kaki di belakang saya, mengatakan dia melihat tentakel atau pita pencahayaan.” Baut mengetuk McQuilken ke tanah. Waktu, ia mengingat, muncul untuk memperlambat. “Seluruh pengalaman terjadi dalam hitungan milidetik, tapi perasaan mengambang dan bergerak kaki saya di udara tampaknya berlangsung lima atau sepuluh detik.”
Petir terjawab Michael, Maria dan Margie, tetapi Sean tidak delapan tahun. McQuilken ditemukan saudaranya di atas lutut dengan asap “mengucur dari punggungnya.” Pakaian dan kulit Sean yang terbakar. Tapi dia masih hidup dan akan bertahan. McQuilken dilakukan saudaranya turun dari kubah granit untuk mendapatkan dia membantu. Hiker lain di dekatnya tidak begitu beruntung. Petir membunuhnya.
Air antara tanah dan awan biasanya memisahkan biaya mereka. Tindakan udara seperti isolator, yang berarti listrik – seperti percikan raksasa petir – tidak dapat melakukan perjalanan melalui itu. Tapi ketika biaya cukup terakumulasi di awan, ia menemukan cara untuk sampai ke tanah, dan sambaran petir. Ini ritsleting debit listrik dari satu tempat ke tempat lain bahkan keluar ketidakseimbangan yang bertanggung jawab antara tanah dan bagian atas awan. Debit bisa bergerak dari awan ke awan, atau mungkin zap tanah.
Itu ada misteri.
Tapi apa yang menyebabkan petir untuk memulai percikan adalah “salah satu pertanyaan yang belum terjawab besar dalam fisika petir,” jelas Phillip Bitzer. Dia seorang ilmuwan atmosfer yang mempelajari petir di Universitas Alabama di Huntsville.
Mencari percikan
Para ilmuwan berpikir percikan petir di salah satu dari dua cara. Menurut salah satu ide, hujan es, hujan dan es dibebankan dalam awan badai memperbesar medan listrik dalam awan. (Sebuah medan listrik adalah daerah di mana biaya dapat melakukan pekerjaan.) Itu dorongan ditambahkan memberikan biaya yang cukup keuletan untuk memicu petir. Ide lain adalah bahwa petir memicu ketika sinar kosmik, semburan kuat dari energi dari ruang, memberikan partikel dengan energi yang cukup untuk memulai pemogokan.
Untuk lebih memahami bagaimana petir dimulai, Bitzer membantu merancang sensor baru. Sepertinya besar, terbalik mangkuk salad. Dan itu salah satu dari beberapa yang tersebar di dalam dan sekitar Huntsville (termasuk di atas gedung universitas).
Bersama-sama, sensor ini membentuk Array Huntsville Alabama Marx Meter, atau Hamma. Ketika badai lewat dan sambaran kilat, Hamma dapat menentukan di mana pemogokan terjadi. Hal ini juga mengukur medan listrik yang dihasilkan oleh pemogokan. Sensor yang bisa mengintip di dalam awan selama yang kritis sepersekian detik sebelum petir berkembang. Bitzer dijelaskan tes pertama yang sukses Hamma di Journal of Geophysical Research: Atmospheres pada tanggal 25 April 2013.
sambaran petirHamma juga mengukur kembali stroke petir itu. Ini adalah kedua – dan lebih energik – bagian dari pemogokan.
Petir dimulai dengan pemimpin. Ini aliran muatan negatif meninggalkan awan dan mencari jalan melalui pesawat ke tanah. (Dalam kasus yang jarang terjadi, para pemimpin mulai di tanah dan bergerak ke atas.) Meskipun setiap serangan berbeda, seorang pemimpin dapat melakukan perjalanan sekitar 89.000 meter (290.000 kaki) per detik. Hal ini sering terlihat bercabang. Hal ini cenderung untuk menghasilkan cahaya redup yang hanya bisa ditangkap oleh kamera kecepatan tinggi.
Jalan pemimpin dapat menghantarkan listrik melalui awan. Stroke kembali, yang berasal dari tanah, mengikuti jalan ditata oleh pemimpin seperti listrik pada sebuah kawat. Bergerak dalam arah yang berlawanan. Dan itu lebih intens: kembali menghasilkan flash menyilaukan yang dapat dilihat siang atau malam hari. Itulah bagian Anda kemungkinan besar untuk melihat. Dibandingkan dengan pemimpin, stroke kembali adalah setan kecepatan. Hal ini dapat melakukan perjalanan 90 juta meter (295 juta kaki) per detik – atau lebih. Dengan pelacakan stroke kembali ini, Hamma dapat membantu para ilmuwan lebih melacak total energi melepaskan selama pemogokan. Data energi tersebut, dari Hamma dan jaringan lain, dapat membantu para ilmuwan menentukan bagaimana sambaran petir mulai.
Selain karyanya pada Hamma, Bitzer membantu membuat perangkat yang mendeteksi petir dari ruang angkasa. Ketika GOES-R cuaca kepala satelit ke orbit pada tahun 2015, itu akan membawa geostasioner Petir Mapper. Perangkat itu, sebagian dikembangkan di University of Alabama di Huntsville, akan melacak kilatan petir dari atas. Ini bukan perangkat pertama untuk menonton petir dari luar angkasa, tetapi akan meningkatkan upaya sebelumnya.
“Pada saat ini, kami tidak memiliki cakupan global baik dari petir,” kata Price, di Tel Aviv University. “Namun, dalam beberapa tahun ke depan, satelit dengan sensor optik akan melihat bumi terus.” Itu akan membiarkan para ilmuwan menghubungkan sambaran petir fenomena cuaca lainnya, seperti badai dan tornado. Data ini juga dapat menunjukkan apakah perubahan iklim telah mengubah pola petir.
Denyut nadi badai
Harga mengatakan sambaran petir seperti denyut badai. Dengan melacak seberapa sering petir percikan, ilmuwan dapat mempelajari sesuatu tentang perilaku badai.
Harga bekerja pada studi badai diterbitkan pada tahun 2009. Ini menemukan hubungan antara petir dan intensitas badai tersebut. Harga dan koleganya mempelajari data dari 58 badai dan membandingkannya dengan catatan sambaran petir. Intensitas petir memuncak sekitar 30 jam sebelum angin badai mencapai maksimal.
Koneksi yang bisa membantu para ilmuwan memprediksi kapan bagian terburuk dari badai akan datang – dan memperingatkan orang-orang untuk mempersiapkan atau mengungsi sebelum terlambat.

Harga juga telah menyelidiki perilaku petir selama besar, badai non-badai. Petir tampaknya “jalan atas” sebelum tornado mendarat, dia menemukan – meskipun ada sedikit petir ketika tornado adalah di tanah. Selain itu, aktivitas petir perubahan dengan siang dan malam, dan dari musim ke musim, Harga dan rekan-rekannya menunjukkan. Misalnya, aktivitas petir meningkat selama masa suhu hangat – siang hari dan di musim ketika bumi akan lebih panas dari matahari. Salah satu contoh: peristiwa El Niño saat Bumi sedikit lebih hangat.
Bahkan tampak bahwa petir dapat mengubah perilakunya, Harga menemukan.
Dia telah mempelajari hubungan antara petir dan perubahan iklim. Dalam sebuah makalah tahun 2013, ia menunjukkan bagaimana peningkatan suhu akibat pemanasan global dapat meningkatkan aktivitas petir. Ia menerbitkan temuannya dalam jurnal Survei di Geofisika.
Bagaimana tidak disambar
Dari orang-orang yang dibunuh oleh petir di Amerika Serikat antara tahun 2006 dan 2012, sebagian besar sedang menikmati kegiatan di luar ruangan. Itulah temuan dari 2.013 studi oleh National Weather Service (NWS).
“Berada di luar berbahaya setiap kali ada badai di daerah,” kata John Jensenius. NWS meteorologi di Silver Spring, Md., Trek kematian petir dan keselamatan penelitian petir. Dia juga bekerja pada studi 2013.
Orang memancing di perahu kecil – sebagian besar di danau dan sungai – atau berdiri di dekat pantai menyumbang sebagian besar dari mereka tewas. Di tempat kedua: orang yang berpartisipasi dalam olahraga outdoor. Di sini, sepak bola memimpin pak dalam hal kematian petir. Dan meskipun pegolf memiliki reputasi untuk menjadi sangat rentan terhadap petir, golf, Jensensius mengatakan, adalah “bawah daftar cukup cara.” (Petir menewaskan tujuh kali lebih banyak pemancing sebagai pegolf.)
Rata-rata, petir juga membunuh sekitar empat kali lebih banyak laki-laki sebagai perempuan. Jensenius memiliki beberapa ide tentang mengapa.
“Ini mungkin kombinasi dari hal-hal,” katanya. “Pria dapat melakukan kegiatan di luar lebih rentan daripada wanita. Atau laki-laki mungkin lebih enggan untuk masuk ke dalam jika mereka mendengar guntur. ”
Petir bahkan dapat mengirim goncangan melalui jalur listrik atau air ke dalam rumah, melukai orang-orang di dalamnya. Itu sebabnya, Jensensius mengatakan, itu ide yang buruk untuk mandi, mencuci piring atau penggunaan peralatan selama badai.
Guntur adalah kunci untuk keamanan, ia menunjukkan. Kebanyakan sambaran petir terjadi dalam badai, tapi sebagian kecil dapat mencapai mil dari pusat badai. Jadi masuk ke dalam hanya ketika hujan mulai turun tidak akan membuat seseorang aman. Memang, Jensenius memperingatkan, jika Anda dapat mendengar guntur, Anda mungkin dalam jangkauan dari sambaran petir. Tentu saja, ia menyarankan: “Ketika thunder mengaum, pergi di dalam ruangan.”
Michael McQuilken telah mengambil saran bahwa untuk jantung. Dia masih hiker avid dan pendaki gunung (serta drummer profesional). Jika badai adalah pembuatan bir dan “Saya melihat awan mulai terbentuk di sekitar puncak, saya menyebutnya hari,” katanya. “Beberapa orang berpikir aku bersikap berlebihan. Tapi aku tidak ingin mengalami sambaran petir lagi. ”
Daya Kata
Angler Sebuah istilah untuk seseorang yang ikan untuk makanan, biasanya untuk konsumsi pribadi, bukan pada skala industri.
Suasana amplop gas sekitar Earth atau planet lain.
Atom Unit dasar dari unsur kimia. Atom terdiri dari inti padat yang berisi proton bermuatan positif dan neutron bermuatan netral. Inti tersebut mengorbit dengan awan elektron bermuatan negatif.
Sebuah baterai perangkat yang dapat mengubah energi kimia menjadi energi listrik.
perubahan iklim jangka panjang, perubahan signifikan dalam iklim Bumi. Hal ini dapat terjadi secara alami atau dalam menanggapi aktivitas manusia, termasuk pembakaran bahan bakar fosil dan penebangan hutan.
sinar kosmik Sangat partikel energi tinggi, sebagian besar proton, yang membombardir Bumi dari semua arah. Partikel-partikel ini berasal dari luar tata surya kita. Mereka setara dengan inti atom. Mereka melakukan perjalanan melalui ruang pada tingkat tinggi kecepatan (sering mendekati kecepatan cahaya).
cumulonimbus Awan membentuk massa menjulang dengan dasar datar di ketinggian yang cukup rendah dan sering atas datar. Awan ini dapat menimbulkan badai.
listrik biaya Properti fisik bertanggung jawab untuk kekuatan listrik; bisa negatif atau positif.
medan listrik Sebuah daerah sekitar partikel bermuatan atau objek di mana kekuatan akan diberikan pada partikel bermuatan lain atau benda.
elektron Sebuah partikel bermuatan negatif; pembawa listrik dalam padatan.
pemanasan global meningkat secara bertahap dalam suhu keseluruhan atmosfer bumi karena efek rumah kaca. Efek ini disebabkan oleh meningkatnya kadar karbon dioksida, chlorofluorocarbon dan gas lainnya di udara, banyak dari mereka yang dirilis oleh aktivitas manusia.
gas rumah kaca Gas yang memberikan kontribusi pada efek rumah kaca dengan menyerap panas. Karbon dioksida adalah salah satu contoh dari gas rumah kaca.
isolator Sebuah zat atau perangkat yang tidak mudah menghantarkan listrik.
Seseorang meteorologi yang mempelajari peristiwa cuaca dan iklim.
molekul Sebuah kelompok netral atom yang mewakili jumlah terkecil yang mungkin dari senyawa kimia. Molekul dapat dibuat dari jenis tunggal atom atau dari berbagai jenis. Misalnya, oksigen di udara terbuat dari dua atom oksigen (O2), tapi air terbuat dari dua atom hidrogen dan satu atom oksigen (H2O).
partikel jumlah menit sesuatu.
Sesuatu supranatural yang dikaitkan dengan kekuatan alami, seperti dewa atau hantu.
tornado Kolom keras memutar udara membentang dari tanah untuk badai di atas.


Itulah alasan mengapa kita harus memasang penangkal petir. Meskipun petir memiliki keuntungan, bila sambaran petir menyambar tempat yang tidak di inginkan maka akan mengalami kerugian besar.

penangkal petir, penya;lur petir, anti petir, penangkal petir bandung, penangkal petir surabaya

Penangkal Petir Evo Franklin

Penangkal Petir merupakan alat untuk menyalurkan arus sambaran petir yang akan di netralkan di pembumian (grounding system).

Untuk mengindikasikan akurasi dan kemampuan instalasi penangkal petir Evo Franklin adalah dengan kabel penghantar minimal harus 25 mm² dan di landasan maksimal 5 Ohm. Ujung penangkal petir Evo Franklin memiliki bentuk bulat, karena dalam kasus ini ujung yang bulatlah yang sangat efektif dalam menarik sambaran petir secara tepat dan akurat. Sedangkan kabel konduktor terbuat dari tembaga, fungsi kabel penyalur petir ini untuk mengalirkan energi listrik (sambaran petir) yang diterima dari air terminal ke tanah. Kabel yang dipasang di sekitar bangunan tidak akan merusak keindahan arsitekturnya serta kabel konduktor membuat penghuni rumah merasa nyaman dan aman dengan pemasangan penangkal petir.

Penangkal petir Evo Franklin™ merupakan Air terminal elektrostatis berbasis kerja ESE yang di rancang khusus untuk intensitas sambaran petir tinggi dan daerah tropis layaknya negara-negara di Asia. Ada 10 kelebihan Air terminal Evo Franklin™ , yaitu :

  1. Desain lebih modern, di rancang oleh ilmuwan petir Indonesia dan Designer Internasional
  2. Di produksi menggunakan teknologi terkini
  3. Bebas Perawatan, tidak ada Power Supply or Solar Cells, No Radio Aktif, discharge Current 300 kA
  4. Lebih Praktis dalam implement instalasi di lapangan
  5. Menggunakan unit material terbaik, bahan dan material untuk memproduksi penangkal petir Evo Franklin™ adalah bahan dan material pilihan sesuai standar SNI dan IEC
  6. Lebih Ekonomis
  7. Teknologi Terkini, di rancang khusus untuk intensitas sambaran petir tinggi dan daerah tropis layaknya negara-negara di Asia
  8. Produser Terpercaya dan Berkualitas, di dukung oleh Laboratorium Tegangan Tinggi International Lightning Lab
  9. Product tersebar luas di kota-kota besar Indonesia
  10. Garansi product 3 ( tiga) Tahun

penangkal petir, penyalur petir, anti petir– Penangkal Petir – Anti PetirPenyalur Petir –

 

You might also likeclose