JENIS PENANGKAL PETIR

Prinsip kerja penyalur petir? Area Gedung atau bangunan tinggi dilengkapi dengan alat penangkal petir. Alat anti petir ini dipasang pada atap atau puncak bangunan tersebut. Kemudian dihubungkan dengan kabel tembaga menuju tanah pada dasar bangunan atau dinamakan grounding sistem sering juga disebut arde.
Alat penyalur petir berfungsi untuk mencegah kontruksi bangunan dari sambaran petir. Muatan listrik petir berusaha mencari jalur yang terpendek untuk mengalir dari awan ke tanah atau sebaliknya. Jalur terpendek yang mungkin dicapai oleh muatan listrik adalah bangunan yang tinggi, seperti rumah atau gedung, pohon atau manusia yang berada di tengah lapangan.

penangkal petir surabaya berkualitasAlat Penangkal Petir merupakan logam air terminal yang dipasang pada puncak gedung atal rumah. Alat anti petir ini bekerja berdasarkan prinsip induksi muatan listrik. Yaitu peristiwa pemisahan muatan listrik positif dan negatif (elektron).
Ujung alat penangkal petir yang berbentuk bulat atau lancip bersifat melepaskan muatan yang dikandungnya. Bila terdapat awan bermuatan positif disekitarnya, maka ujung air terminal penangkal petir akan bermuatan negatif dan akan dilepas ke molekul udara dan menuju ke arah awan.
Sebaliknya, muatan positif yang ada di awan akan bergerak pindah menuju ujung air terminal penangkal petir. Muatan ini akan diteruskan menuju tanah melalui logam tembaga yang dipasang.
Dengan demikian tidak terjadi loncatan bunga api listrik yang lebih besar akibat pemindahan muatan listrik. Jika terjadi juga loncatan bunga api listrik, muatan ini akan mengalir melalui penghantar penangkal petir menuju tanah sehingga tidak membahayakan bangunan dan penghuninya.
Dapat disimpulkan bahwa alat Penyalur petir merupakan alat yang dapat mengurangi loncatan bunga api listrik yang besar. Demikianlah secara dangkal uraian prinsip kerja alat penangkal petir.
Dalam Perlindungan Penangkal Petir atau Anti Petir maupun sebutan penyalur petir terdapat dua sistem yang sangat erat berkaitan satu sama lainnya, yang pertama adalah penangkal petir eksternal yaitu instalasi penyalur petir yang sering kita jumpai di atas bangunan berupa batangan tembaga ataupun sistem elektrostatis.

Penangkal petir internal atau sering disebut dengan surgge Arraster adalah sustu sistem proteksi internal dalam cakupan instalasi listrik, Lan ( internet ) , maupun instalasi komunikasi atau Telpon. Dalam definisi proteksi atau perlindungan sambaran petir terdapat 2 sistem perlindungan
Penangkal Petir Eksternal
Perlindungan ekternal Penyalur Petir berfungsi untuk menerima sambaran langsung / Direct Strike dari sambaran petir tentunya, sambaran langsung tersebut berakibat langsung pada fisik struktur ataupun aset luar, sangat berbahaya karena dapat menimbulkan kerusakan seperti
kebakaran dan korban jiwa manusia, Untuk mengamankan sambaran langsung maka sistem ekternal proteksi inilah yang biasa dipasang pada struktur bangunan atau area terbuka yang memerlukan perlindungan. Eksternal Protection adalah suatu sistem anti petir yang dirancang dan di pasang pada atap atau bangunan tertinggi pada suatu bangunan dengan bahasa umum yang beredar di masyarakat adalah penangkal petir. Instalasi penyalur petir sangat sederhana, ini adalah beberapa bagian dari instalasi penyalur petir:

Air terminal
Kabel penyalur
Grounding system
Internal Proteksi
Perlindungan Internal lebih cenderung pada arus lemah yang dihasilkan dari Sambaran Petir dan tidak tersalur dengan baik kedalam grounding sistem, sambaran Petir langsung dapat mengakibatkan medan magnet yang sangat kuat dan merambat pada sistem instalasi kelistrikan suatu gedung, medan magnet tersebut sering dikatakan Induksi bagi para ahli listrik, untuk mengurangi dampak induksi yang disebabkan medan elektromagnetik disarankan untuk memasang sistem internal proteksi atau surrge arraster baik untuk listrik, LAN maupun PABX, atau peralatan elektronik lainnya seperti CCTV, DVR, SERVER dan lain-lain yang hanya menggunakan arus lemah dalam pengoperasiannya. Sistem instalasi internal protection hampir menyerupai dengan sistem penyalur petir eksternal proteksi

Surgge Arraster
Kabel Penyalur
Grounding system

jasa penangkal petir

DAMPAK SAMBARAN PETIR BAGI BANGUNAN TANPA ANTI PETIR

Bangunan rumah atau gedung sangat penting dilengkapi dengan alat penangkal petir, karena unsur besi dan air akan selalu berhubungan dengan bangunan. Adapun alat penangkal petir merupakan sebuah sistem yang bertujuan apabila terjadi sambaran kilatan petir pada seputar bangunan rumah atau gedung, maka sambaran kilat tersebut tidak akan langsung mengenai bangunan, akan ditarik lerlebih dahulu oleh penangkal petir dan akan disalurkan ke tanah.

Sambaran Petir Langsung Melalui Bangunan
Sambaran petir yang langsung mengenai struktur bangunan rumah, kantor dan gedung, tentu saja hal ini sangat membahayakan bangunan tersebut beserta seluruh isinya karena dapat menimbulkan kebakaran, kerusakan perangkat elektrik/elektronik atau bahkan korban jiwa. Maka dari itu setiap bangunan di wajibkan memasang instalasi penangkal petir. Cara penanganannya adalah dengan cara memasang terminal penerima sambaran petir serta instalasi pendukung lainnya yang sesuai dengan standart yang telah di tentukan. Terlebih lagi jika sambaran petir langsung mengenai manusia, maka dapat berakibat luka atau cacat bahkan dapat menimbulkan kematian. Banyak sekali peristiwa sambaran petir langsung yang mengenai manusia dan biasanya terjadi di areal terbuka.

Sambaran Petir Melalui Jaringan Listrik
Bahaya sambaran ini sering terjadi, petir menyambar dan mengenai sesuatu di luar area bangunan tetapi berdampak pada jaringan listrik di dalam bangunan tersebut, hal ini karena sistem jaringan distribusi listrik/PLN memakai kabel udara terbuka dan letaknya sangat tinggi, bilamana ada petir yang menyambar pada kabel terbuka ini maka arus petir akan tersalurkan ke pemakai langsung. Cara penanganannya adalah dengan cara memasang perangkat arrester sebagai pengaman tegangan lebih (over voltage). Instalasi surge arrester listrik ini dipasang harus dilengkapi dengan grounding system.

Sambaran Petir Melalui Jaringan Telekomunikasi
Bahaya sambaran petir jenis ini hampir serupa dengan yang ke-2 akan tetapi berdampak pada perangkat telekomunikasi, misalnya telepon dan PABX. Penanganannya dengan cara pemasangan arrester khusus untuk jaringan PABX yang di hubungkan dengan grounding. Bila bangunan yang akan di lindungi mempunyai jaringan internet yang koneksinya melalui jaringan telepon maka alat ini juga dapat melindungi jaringan internet tersebut.
Pengamanan terhadap suatu bangunan atau objek dari sambaran petir pada prinsipnya adalah sebagai penyedia sarana untuk menghantarkan arus petir yang mengarah ke bangunan yang akan kita lindungi tanpa melalui struktur bangunan yang bukan merupakan bagian dari sistem proteksi petir atau instalasi penangkal petir, tentunya harus sesuai dengan standart pemasangan instalasinya.
Ada 2 jenis kerusakan yang di sebabkan sambaran petir, yaitu :
• Kerusakan Thermis, kerusakan yang menyebabkan timbulnya kebakaran.
• Kerusakan Mekanis, kerusakan yang menyebabkan struktur bangunan retak, rusaknya peralatan elektronik bahkan menyebabkan kematian.
Penangkal petir atau Anti petir adalah terminal petir unggulan jenis elektrostatik yang di desain khusus untuk daerah tropis mampu memberikan solusi petir terbaik khususnya di Indonesia. Selain sudah melewati uji laboratorium PLN dan laboratorium tegangan tinggi di lembaga terkait, penangkal petir EVO FRANKLIN juga telah di uji langsung di lapangan yang rawan akan sambaran petir.

You might also likeclose