CARA PEMASANGAN PENANGKAL PETIR

Pemasangan instalasi penangkal petir dapat dikategorikan sebagai instalasi sederhana, pemasangan penyalur petir menggunakan instalasi satu jalur atau satu arah dan tanpa menggunakan dasar-dasar listrik arus positif maupun arus negatif. Instalasi anti petir hanya mengkoneksikan air terminal pada kabel penyalur atau down conductor yang telah dilerai atau terinstal pada kontruksi bangunan atau tower, dari kabel penyalur yang sudah terinstal bangunan tadi harus kita pastikan tersambung pada sistem pembumian yang telah di kasih box conection antara kabel penyalur dan pembumian (grounding system). Rangkaian instalasi anti petir sederhana itu lah yang biasa terpasang pada bangunan-bangunan saat ini. Pemasangan anti petir harus menggunakan material dengan kualitas terbaik dan volume kabel yang relatif besar, sehingga dapat berfungsi menyalurkan arus petir kedalam pembumian penyalur petir (grounding system) dengan baik.

Konsultasikanlah pemasangan instalasi anti petir yang anda rencanakan kepada tenaga ahli pemasangan anti petir yang telah berpengalaman, sehingga instalasi penangkal petir dapat terpasang dan berfungsi sebagaimana mestinya dengan baik.

Sistem Pembumian Penangkal Petir

Sistem pembumian atau grounding penyalur petir pada dasarnya adalah membuat jalur rambatan yang terarah di dalam tanah menggunakan material logam yang dapat menghantarkan arus petir ke dalam pembumian. Penghantaran arus petir pada pembumian dipengaruhi oleh nilai hambatan yang terkandung dalam struktur tanah di area grounding tersebut (resistansi), bukan kedalaman penanaman material grounding. Dalam pembuatan pembumian penangkal petir, nilai resistansi yang baik adalah di bawah 5 ohm. Bila nilai resistansi pembumian lebih dari 5 ohm bisa dikatan nilai tersebut kurang baik, karena untuk meredam arus sambaran petir, pembumian harus sangatlah baik.

Kabel Penyalur Petir

Kabel penyalur merupakan komponen yang penting dalam pemasangan instalasi penangkal petir. Kabel penyalur ini biasanya digunakan  sebagai konduktor penangkal  (penyaluran dari head terminal ke sistem pembumian) dan juga grounding. Untuk ukuran kabel penyalur  yang baik adalah 35-50mm, dalam standart pemasangan instalasi penangkal petir kabel berukuran 50mm yang sering dipakai. Beberapa jenis kabel yaitu:

Kabel BC (Bare Copper)

Kabel Coaxial

Kabel NYY

Kabel NYA

penangkal petir, penyalur petir, anti petirLindungilah bangunan anda dengan memasang penangkal petir yang sesuai dengan mekanisme kerja instalasi yang benar

You might also likeclose