APAKAH ANDA SIAP DENGAN INDUSTRI PENANGKAL PETIR DI 2015?

penangkal petir

Berkembangnya teknologi industri penangkal petir di Indonesia sangatlah pesat, bisa di buktikan dengan banyaknya industri penangkal petir saat ini yang menawarkan berbagai ragam dan jenis penangkal petir, tentunya juga sejalan dengan harga yang kompetitif. Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai industri penangkal petir, mari kita kupas wawasan mengenai petir dan penangkal petir.

Apa Itu Petir?

Petir adalah debit listrik atmosfer (percikan) disertai dengan guntur. Biasanya petir dibentuk oleh awan yang dikenal sebagai awan cumulonimbus. Selama debit listrik ini ada di atmosfer, sambaran petir akan tetap ada. Terjadinya sambaran petir sangat luar biasa dan dapat melakukan perjalanan dengan kecepatan 220.000 km / jam, serta dapat mencapai suhu sekitar 30.000 ℃. Sambaran petir atau hanya kilatan petir dapat menyebabkan kerusakan fatal pada tubuh manusia dan berat, dapat merusak struktur apapun.
Fakta-fakta tentang Petir:

Data-data analisa NFPA international mengatakan, ada lebih dari 1,4 miliar kilatan petir di seluruh dunia setiap tahun, 8.640.000 kilatan hari, dan 100 sambaran per detik. Sangat luar biasa dan diluar nalar tetapi itulah fakta hasil analisa international yang mempunyai teknologi satelit yg dapat melihat suhu panas pada awan di langit kita. Kebanyakan sambaran petir rata panjang 3200-4800 meter, dan membawa arus 10000 Amps pada 100 juta Volts.
Suhu petir bisa mencapai 54.000 ℉ yaitu 5 kali lebih besar dari suhu permukaan matahari tetapi mungkin jarang terjadi dalam keadaan cuaca normal.
Mari kita lihat dan kita cermati salah satu contoh data didunia iternational Sesuai Nasional Crime Record Biro (NCRB), 2113 kematian di India tercatat karena petir. Angka tersebut naik ke 2.622 pada tahun 2010. Pada rata-rata 7 orang di India meninggal setiap hari karena petir.
Kerusakan & Cedera akibat petir:

Petir dapat menyebabkan kerusakan fatal bagi manusia, hewan dan properti. Ini adalah kekuatan destruktif yang dapat merusak bangunan, pembangkit listrik, komunikasi dan sinyal sistem, peralatan industri dll
Meskipun menghadapi masalah yang terkait dengan kerusakan pada struktur, kegagalan peralatan lapangan, kegagalan instalasi listrik, kerusakan pada peralatan elektronik dan garis sinyal (misalnya DCS, PKS, sistem SCADA), di sebagian negara termasuk indonesia, sebagian besar industri belum mengadopsi pendekatan defensif terhadap petir.

 

Mengapa perlindungan atau Penangkal Petir diperlukan?

penangkal petir, penyalur petir, anti petir

Proteksi terhadap petir mengurangi risiko kerugian, kerusakan atau cedera dari serangan langsung dan terhadap lonjakan petir induksi. Perlindungan untuk bangunan disediakan oleh berbagai metode dan pendekatan seperti yang ditentukan oleh Standar Nasional Indonesia (SNI) & Standar Internasional (NFPA 780, IEC 62305). Perlindungan untuk peralatan elektronik, komunikasi dan sinyal garis dipastikan dengan memberikan perlindungan lonjakan sesuai IEC 61643

Tujuan dari Risk Assessment Petir adalah sebagai berikut:

Perlindungan terhadap sambaran petir langsung eksternal
Perlindungan terhadap lonjakan petir
Prosedur perawatan yang memadai dan aspek yang terkait dengan sistem proteksi petir

Fitur yang menonjol dari Risk Assessment Petir adalah sebagai berikut:

Review dan penilaian dari sistem yang ada proteksi petir (jika ada) di tempat (blok tanaman / perempat) Standar Internasional dan menyarankan langkah-langkah yang sesuai untuk menjembatani kesenjangan.
Ulasan dan penilaian sistem perlindungan surge arraster – perlindungan untuk peralatan elektronik kritis & sensitif seperti PLC, DCS dan sebagainya. Menyarankan langkah-langkah yang sesuai untuk menyediakan sistem perlindungan surge untuk peralatan elektronik yang tidak dilindungi.
Ulasan dari aspek pemeliharaan dan prosedur dari sistem proteksi petir yang ada, dan menyarankan tindakan perbaikan yang sesuai.
Merencanakan Perlindungan Zona Petir struktur tinggi dan tumpukan untuk menentukan daerah dan struktur dilindungi oleh zona perlindungan.

Metode diadopsi penangkal petir untuk Penilaian Risiko Petir adalah sebagai berikut:

The Mesh Metode:
Didirikan pada 1838 oleh Maxwell, Metode Mesh adalah metode terbaik yang diadopsi untuk melindungi struktur apapun terhadap sambaran petir.
Rolling Metode Sphere:
Rolling Metode Sphere memiliki awal sejak awal 1960-an. Dalam metode ini, sebuah bola dari jari-jari R (besarnya yang tergantung pada puncak kembali stroke saat ini) yang terguling di atas permukaan struktur untuk menentukan daerah mana sistem proteksi petir harus disediakan.
Penangkal Petir Metode Angle:
Metode pelindung Angle juga merupakan salah satu metode terbaik untuk perlindungan petir struktur apapun. Namun, sangat cocok untuk struktur tinggi (misalnya tiang lampu, cerobong asap)

Kembali kepada Industri penangkal petir yang ada di indonesia, tiap industri berlomba-lomba dalam pemasaran dan menargetkan sdmnya dengan jumlah yang cukup fantastis? Dengan penuh kecemasan persaingan industri di luasnya dunia industri nasional dan internasional. Tetapi semua itu mengisyaratkan bahwa industri penangkal petir indonesia telah berkembang. Pilihlah rekanan jasa penangkal petir yang berkualitas dan dapat dipercaya, sehingga perencanaan instalasi penangkal petir pada project anda berjalan sesuai dengan perencanaan yang dibangun.

penangkal petir, anti petir, penyalur petir

You might also likeclose