7 Hal Penting Memilih Penangkal Petir Rumah

penangkal petir, penyalur petir, anti petir

Penangkal Petir Rumah -Setiap bangunan rumah idealnya selalu terpasang instalasi penangkal petir rumah, Sambaran petir tidak pernah pilih-pilih ketika waktunya menyambar, sehingga kita sebagai individu yang sadar akan keamanan dan keselamatan harus memperhatikan mengenai keselamatan dan keamanan, khususnya Anti petir rumah sebagai ruang lingkup kita untuk berkeluarga dan bernaung. Penangkal petir rumah adalah suatu system instalasi penangkal petir yang diaplikasika di bangunan rumah kita. Sebelum anda memutuskan untuk memasang penangkal petir di bangunan rumah anda perhatikanlah hal-hal dibawah ini.

penangkal petir sni
1. Jenis penangkal Petir untuk Rumah anda.

Jenis penangkal petir sangat beragam, pahamilah setiap produk penangkal petir atau anti petir apakah cocok di aplikasikan di rumah anda:
Penangkal Petir Konvensional adalah suatu instalasi penangkal petir yang banyak digunakan sejak dulu, karena menggunakan bahan yang sederhana dan mudah didapat di toko bangunan terdekat, mungkin cocok untuk bangunan kecil seperti rumah atau tower, tetapi ada kekurangan dari penangkal petir konvensional.
Penangkal Petir Elektrostatis atau radius adalah anti petir yang menggunakan teknologi radius untuk aplikasinya, dengan pengertian sederhana setiap bangunan hanya memerlukan 1 titik sebagai pengaman sambaran petir, pahami kelebihan penangkal petir radius sebelum anda memutuskannya.
2. Jenis Kabel Penyalur petir

Down conductor atau kabel penyalur penangkal petir biasa menggunakan beberapa jenis kabel yang tersebar dipasaran, seperti kabel BC, Kabel NYY, Kabel Coaxial, Kabel NYAF dan kabel lainnya yang memiliki jalinan kabel single core. Hanya diameter kabelnya lah yang harus kita perhatikan dalam instalasi penyalur petir yang baik. Kita ketahui bahwa listrik petir memiliki tegangan luar biasa besar dapat mencapai 1 juta Volt saat menyambar dan tidak jauh berkurang tegangannya ketika melewati sebuah konduktor logam . Sambaran petir terjadi dalam bentuk impuls tunggal dan bisa diartikan sebagai tegangan DC ( searah ) yang ber arus dan tegangan raksasa. Mari kita bahas beberapa karakteristik kabel penyalur petir yang ada atau yang tersedia di pasaran.

kabel penangkal petir

Sifat dari Tegangan yang besar adalah merambat di sisi permukaan penghantar sedangkan sifat dari arus yang besar merambat di inti penghantar , dari berbagai penelitian mengenai arus petir telah didapatkan bahwa dengan sebuah penghantar dengan luasan 50 mm sudah mencukupi untuk menghadang panas lebur dari arus petir walau secara standart untuk kabel dengan luas 50 mm hanya mampu mengalirkan arus di kisaran +/- 200 Ampere saja tetapi karena sifat sambaran adalah impuls tunggal maka beban leburnya akan berkurang maka dengan 50 mm luas penghantarnya akan cukup mampu.

3. Terminal Grounding Penangkal Petir

grounding penangkal petir
Pembumian atau sistem grounding penangkal petir adalah bagian yang meneruskan hantaran ke tanah. Menggunakan sejenis pipa tembaga (cooper rod) diameter 1/2 inch panjang 3-4 m. Dapat dijelaskan fungsi pembumian adalah Menghantar muatan dari petir ke bumi.
Bilamana ada arus lebih yang masuk dari jaringan listrik, dengan menggunakan alat bantu arester yang sudah di integarsikan ke sistim pembumian maka tegangan lebih dapat di hantarkan ke bumi, hal ini akan mengurangi kerusakan sitim dan peralatan elektronik didalam rumah.
Bilamana ada tegangan lebih yang masuk kedalam sistim jaringan listrik didalam rumah, alat alat elektronik yang sudah diintegrasikan kedalam sistim pembumian sehingga tegangan lebih akan dihantarkan ke bumi , hal ini akan mengurangi kerusakan barang barang elektronik di dalam rumah.
Kita dapat membuat sub – sub terminal didalam rumah tapi harus memperhatikan faktor keamanan dan estetika.

4. Internal Poteksi ( Perlindungan Dalam gedung )

Perlindungan internal lebih cenderung pada arus lemah yang dihasilkan dari sambaran petir dan tidak tersalur dengan baik kedalam grounding sistem, sambaran petir langsung dapat mengakibatkan medan magnet yang sangat kuat dan merambat pada sistem instalasi kelistrikan suatu gedung, medan magnet tersebut sering dikatakan Induksi bagi para ahli listrik, untuk mengurangi dampak induksi yang disebabkan medan elektromagnetik disarankan untuk memasang sistem internal proteksi atau surrge arraster baik untuk listrik, Lan maupun PABX, atau peralatan elektronik lainnya seperti CCTV, DVR, Server dan banyak lainnya yang hanya menggunakan arus lemah dalam pengoperasiannya. Sistem instalasi internal proteksi hampir menyerupai dengan sistem eksternal proteksi.

5. Letak Geografis dan Tinggi Bangunan Rumah Anda

Pahamilah apakah letak rumah anda di dataran tinggi atau didataran rendah, sambaran petir sering terjadi didataran rendah yang lapang, seperti: persawahan, lapangan golf, lapangan stadion. Tidak sedikit kasus sambaran petir di area tersebut hingga memakan korban nyawa. Suatu contoh terjadi korban sambaran petir di lapangan bola, sehingga belasan nyawa melayang.

6. Harga penangkal Petir rumah

Sesuaikan budget pemasangan penangkal petir anda dengan bijaksana dan efektif, jangan menggunakan produk yang murah kalau memang bangunan anda rawan sambaran petir, jangan pula memilih instalasi yang mahal jika memang terlalu berlebihan.

7. Kontraktor Jasa Penangkal Petir

Pilihlah perusahaan jasa penangkal petir yang terpercaya dan berkualitas di kota anda, pastikan mendapat garansi baik instalasi ataupun produk dan tentunya memberikan harga yang terbaik.

Penangkal petir

You might also likeclose